Minggu, 29 November 2009

Makalah tentang HRIS


1.1 Latar Belakang

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi informasi sekarang ini memicu dunia usaha untuk turut menerapkan iptek dalam perusahaan atau organisasi mereka. Perkembangan teknologi informasi sudah merambah seluruh bidang, tidak hanya bidang komunikasi dan elektronik saja seperti yang sudah terjadi beberapa decade ini, tetapi juga menyangkut bagaimana suatu informasi dapat diperoleh dan disajikan secara cepat dan akurat sesuai dengan kebutuhan pemakai.
Salah satu sistem yang sekarang banyak dikembangkan kearah teknologi informasi ialah system informasi manajemen. Sistem informasi manajemen dalam penggunaannya di perusahaan industri biasanya terdapat di bagian pemasaran, manufaktur dan keuangan. Namun akhir-akhir ini sudah mulai dikembangkan juga sistem informasi sumber daya manusia atau human resource information system (HRIS).
Sistem informasi sumber daya manusia merupakan sistem konseptual yang digunakan dalam mengelola personil dalam suatu perusahaan besar. Sistem ini mempunyai beberapa sub sistem antara lain : Sistem Kompensasi, Sistem Pelaporan Lingkungan dan lain sebagainya. Pada penyusunan Tugas Akhir ini akan diteliti mengenai sub sistem kompensasi yang mencakup aplikasi: kehadiran, penggajian dan insentif bonus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi kasus pada PT. United Waru Biscuits Manufactory.
Dari penelitian di lapangan, selama ini sistem absensi dan penggajian masih dilakukan secara manual. Sehingga belum ada suatu sistem yang baik untuk mengkoordinasikan sistem absen yang terkait dengan sistem gaji. Oleh sebab itu pada penelitian tugas ini akan dicoba untuk membuat perancangan sistem penggajian dengan menggunakan sistem informasi berbasis komputer. Dengan adanya sistem absensi dan penggajian yang menyatu kedua sistem ini diharapkan masalah-masalah yang timbul ini dapat diatasi sehingga aktivitas produksi perusahaan dapat berjalan baik dan lancar.

1.2 Permasalahan
- Perusahaan ingin mengalihkan sistem pengajian yang muncul ke sistem komputerisasi
- Pada sistem manual belum terdapat integrasi yang menyeluruh antara sistem absensi dan sistem penggajian sehingga membebani personalia dalam melakukan perhitungan gaji terutama dalam memasukkan data absen para karyawan.
- Meskipun dalam proses perhitungan gaji sudah menggunakan komputer tapi dalam masih sederhana. Pada sistem yang ada sekarang, pproses perhitungan jam hadir, jam lembur, sakit,, ijin, keterlambatan dalam kaitannya dengan perhitungan gaji belum sepenuhnya dilakukan oleh komputer.
- Beberapa laporan gaji tidak dapat sampai ke bagian keuangan tepat waktu karena masih dikerjakan secara manual oleh tenaga manusia.
- Penanganan data karyawan manual masih menggunakan bentuk arsip-arsip kertas.

1.3 Ruang Lingkup Pembahasan
- perancangan sistem informasi sumber daya manusia ini lebih difokuskan pada sistem penggajian termasuk didalam aplikasi kehadiran dan insentif bonus.
- Pembahasan hanya dilakukan pada karyawan bagian ppoduksi dan yang kerja di pabrik (karyawan harian)
- Software yang digunakan adalah Borland Delphi 6 dan menggunakan database Ms. Access

1.4 Tujuan
- menghasilkan software sisteem penggajian yang diharapkan dapat memperlancar perusahaan untuk dapat berkembang ke arah manajemen kerja yang baik.
- Menambah wawasan tentang sistem informasi manajemen dan penerapannya pada perusahaan yang bersangkutan

1.5 Tinjauan Pustaka
selama ini PT United Waru Biscuits Manuufactory masih menggunakan sistem penggajian yang sederhana. Untuk kehadiran misalnnya, masih menggunakan mesin check-clock. Tergolong masih manual dan belum dilakukan secara elektronik. Begitu pula uuntuk perhitungan gaji, walaupun sudah menggunakan sisteem komputer namun belum terorganisir dengan baik. Ini dikarenakan sistem yang sudah ada masih beelum menggunakan Sistem Mannajemen Basis Data (DBMS) sehingga tidak ada pengintegrasian data dan tidak tercapainya independensi data.
Disini penulis melihat perlunya suatu sistem yang lebih modern dan lebih baik sehingga semua data dapat diakses dengan mudah dan sewaktu-waktu. Ooleh karena itu penulis mencoba untuk merancang suatu sistem database yang lebih baik dari sistem yang terdahulu, agar pihak perusahaan dapat merasakan dampak positif dari pengggunaan iptek. Perancangan sistem penggajian ini menggunakan teknik-teknik dasar database yang telah diajarkan pada saat perkuliahan.
Dalam perancangan sistem perlu adanya penggunaan bagaimana sistem ini bekerja, disini penulis menggunakan moodel Data Flow Diagram (DFD). DFD adalah suatu gambaran grafis dari suatu sistem yang menggunakan sejumlah bentuk-bentuk simbol untuk menggambarkan bagaimanna data mengalir melalui suatu prroses yang saling berkaitan.
DFD Level O mendefinisikan proses-proses utama dasi sisteem. DFD Level O untuk sistem absensi dan penggajian PT United Waru Biscuits Manufactory terlihat pada gambar diatas

Gambar 1.1. DFD Level O
Pada DFD Level O diatas, terdapat 4 buah External Entity (kesatuan luar) yaitu karyawan, personalia, bagin keuangan dan kasir. Sedangkan proses utamanya adalah sistem absensi dan penggajian. Pertama-tama arus data dari karyawan berupa kartu masuk. Kartu masuk ini nantinya akan diolah menjadi data absen. Data absen digunakan personalia untuk menghitung gaji karyawan, dan nantinya akan dicetak menjadi laporan daftar gaji yang nantinya diserahkan ke bagian keuangan untuk dilakukan evaluasi dan pemberian paraf. Apabila telah diparaf maka kasir akan mengeluarkan gaji dan slip gaji, yang kemudian akan diberikan kepada karyawan.

1.6 Metodologi Penelitian
Metode penelitian yang dilakukan dalam proses pembuatan Tugas Akhir adalah sebagai berikut:
a. Pengumpulan data
metode pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah:
- observasi ke perusahaan yaitu dengan cara datang dan mengamati secara langsung dokumen, prosedur dan pengendalian sistem absensi dan ppengupahan perusahaan diikuti dengan tanya jawab dengan pihak-pihak yang bertanggung jawab langsung atas pelaksanaan di lapangan seperti manajer bagian produksi dan bagian personalia
- studi Kepustakaan, penulis memakai sejumlah literatur sebagai dasar dalam mennemukan data-data yang diperlukan untuk mendukung pembahasan dalam tugas akhir. Disamping itu literatur juga membantu mempermudah pemahaman mendasar atas proses pengolah data dan penyelesaian masalah.
b. melakukan perencanaan dan desain program
pada tahap ini dilakukan pendesainan dalam database, yang meliputi:
- rancang Data Flow Diagram (DFD)
- rancang Entity Relationship Diagram (ERD)
- struktur Database yang digunakan
- srtuktur menu program
c. Pembuatan Program
Pada tahap ini, struktur database yang telah direncanakan diterapkan dalam pembuatan program.
d. Pengujian Program
pada tahap ini dilakukan pengjuian terhadap program sistem informasi sumber daya manusia ini apakah proses manipulasi data dapat dilakukan dengan mudah dan akurat sesuai dengan yang diinginkan oleh user.
e. Kesimpulan dan Penyusuna Laporan

1.7 Sistematika Penulisan
Dalam sub ini diuraikan isi dari laporan tugas akhir secara keseluruhan.
Adapun sistematika penyusunan laporan sebagai berikut:
Bab 1 : Pendahuluan
Bab ini berisikan uraian yang meliputi latar belakang, permasalahan, tujuan dari pelaksanaan tugas akhir ini, serta ruang lingkup pembahasan. Pada metodologi penelitian diuraikan langkah-langkah yang dilakukan pada pengerjaan tugas akhir ini.
Bab 2 : Landasan Teori
Bab ini berisikan teori-teori dasar yang digunakan untuk penyusunan dan perancangan tugas akhir. Diantaranya teori dasar mengenai Sistem Informasi Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi Manajemen, dan teori dasar Database
Bab 3 : Struktur Organisasi dan Sistem Perusahaan
Bab ini membahas tentang sejarah singkat dan struktur organisasi perusahaan, serta sistem kerja yang berlaku dalam perusahaan sehubungan dengan perancangan program.
Bab 4 : Perancangan Sistem Program
Bab ini membahas rancangan basis data dengan menggunakan 2 metode yaitu DFD (Data Flow Diagram) dan ERD (entity Relationship Diagram), rancangan struktur data, dan perancangan program.
Bab 5 : Penggunaan dan Pengujian Program
Bab ini membahas srtuktur menu yang dikerjakan, penjelasan tentang tampilan program dan bagian-bagian yang akan dihasilkan dari pengoperasian program serta pengujian program
Bab 6 : Kesimpulan dan Saran
Bab ini merupakan bab terakhir dari laporan yang meliputi kesimpulan dari pelaksanaan tugas akhir ini dan saran yang dapat diberikan penulis kepada pihak perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar